Memaksimalkan kecepatan transfer data modem 3G (CDMA/GSM)

topgans.blogspot.com - Memaksimalkan kecepatan transfer data modem 3G (CDMA/GSM) Mungkin banyak sekali orang yang berpendapat bahwa kecepatan transfer data modem dipengaruhi oleh batasan layanan dari ISP, sinyal yang lemah karena lokasi tidak masuk dalam “coverage area” atau jauh dari BTS, dan banyaknya pengguna yang mengakses internet pada waktu yang bersamaan (dengan ISP yang sama).


Semua itu ada benarnya, dan memang merupakan realita, tetapi tidak ada salahnya jika kita tetap berusaha mencoba memaksimal kecepatan modem yang kita gunakkan dengan merubah beberapa pengaturan default pada modem (namanya juga usaha.. :D ), caranya putuskan dahulu koneksi dialup modem anda dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Memaksimalkan kecepatan modem:

  • Buka menu Control Panel > Network Connections. Kemudian klik kanan pada icon koneksi modem > pilih Properties, seperti gambar di bawah.
  • Pada jendela Properties, klik tombol Configure, maka akan muncul jendela Modem Configuration seperti di bawah.
  • Perhatikan gambar di atas. Untuk meningkatkan kecepatan modem, pada bagian “Maximum speed (bps)” ubahlah nilainya di atas nilai asli dari modem anda. Misalnya untuk modem dengan kemampuan transfer data 153Kbps (seperti yang penulis gunakan) bisanya nilai aslinya 115200, sehingga dapat ditingkatkan menjadi 230400. Atau jika anda merasa yakin bisa anda maksimalkan lagi nilainya menjadi yang tertinggi yaitu 921600 seperti pada gambar di atas, tetapi dengan resiko yang juga anda tanggung sendiri, karena sama saja memaksa modem untuk “kerja rodi” :D . Kebetulan penulis juga melakukan hal yang sama, karena sudah siap menaggung resiko :P dan selama ini belum terjadi apa-apa pada modem, mukin modemnya termasuk produk bagus hehe :D .
  • Masih berkaitan dengan gambar di atas, untuk mengontrol aliran data dan error pada modem, beri tanda cek pada “Enable hardware flow control” dan “Enable modem error control“. Kemudian akhiri dengan klik tombol OK untuk menerapkan konfigurasi.

Selain mengubah pengaturan speed modem, sebaikany kita juga perlu memaksimalkan kecepatan port yang digunakan oleh modem caranya seperti di bawah ini:

  • Akseslah menu Device Manager, dengan cara klik kanan pada My Computer > pilih Properties > klik tab Hardware > kemudian klik tombol Device Manager.
  • Pada jendela Device Manager perhatikan pada bagian “Port (COM & LPT)“, biasanya akan terdeteksi dua port yang telah digunakan oleh modem kita. Seperti contoh gambar di bawah ini, kebetulan penulis menggunakan modem CDMA bermerek AnyDATA, sehingga tidak susah untuk menemukannya.
  • Selanjutnya kita akan mengubah kecepatan port tersbut, maka klik kanan pada salah satu port > pilih Properties > kemudian pada jendela Properties, klik tab Port Settings seperti gambar di bawah.
  • Perahatikan gambar di atas, untuk mengubah kecepatan port caranya sama persis seperti mengubah speed modem. Seperti gambar di atas, kita hanya perlu merubah nilainya menjadi maximum, misalanya 128000 untuk nilai tertinggi. Selain itu pada bagian “Flow Control:” ubahlah menjadi “Hardware“. Setelah itu klik OK untuk menerapkannya.
  • Karena port yang digunakan modem ada dua, jadi lakukan hal yang sama pada port yang satunya lagi. Setelah itu sebaiknya restart komputer anda.

Related Posts by Categories



1 comments:

one.risoneblogspot.com said...

wah sip banget nih...mohon ijin gan...

Post a Comment

Maaf kalau saya tidak sempat menjawab/membalas komentar anda, dikarenakan saya tidak online 24 jam.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dalam memberikan komentar.
Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya tidak akan di tampilkan.

Next Prev home